Jumat, 06 Mei 2011

Minta Hikmat

Posted by Unknown Jumat, Mei 06, 2011, under | No comments

Minta hikmat
Jadi berfirmanlah Allah kepadanya : “ Oleh karena engkau telah meminta hati yang demikian dan tidak meminta umur panjang atau kekayaan atau nyawa musuhmu, melainkan pengertian untuk memutuskan hukum ( I Raja-raja 3:11)

Bacaan : I Raja-raja 3:1-15
Manusia cenderung berdoa kepada Tuhan hanya untuk meminta buat kepentingan pribadinya semata. Minta kesehatan, umur panjang, rezeki, jodoh, karier dan masih banyak lagi permintaan yang lainnya. Semua itu tidak salah. Tuhan berkata dalam kitab Markus 11:24, apa saja yang kita minta dan doakan, akan kita terima dengan iman kita. Namun bukan hal itu yang Tuhan inginkan. Tuhan sudah tau keinginan dan kebutuhan kita. tetapi Tuhan ingin kita juga untuk memintakan hal-hal yang bukan buat diri kita pribadi. Kita harus memikirkan orang-orang disekitar kita. Orang-orang yang kita kenal maupun yang tidak kenal. Orang-orang yang membutuhkan untuk kita doakan.

Meski masih sangat muda belia, Salomo tidak egois. Salomo tidak meminta umur panjang agar dia bisa bertahta lebih lama dalam kerajaannya, agar dia bisa menikmati lebih lama kekuasaan dan harta bendanya. Tetapi Salomo memikirkan bagaimana dia kelak akan memimpin ribuan rakyatnya. Salomo ingin menjadi raja yang adil dan bijaksana sehingga ketika Tuhan mengatakan mintalah apa yang hendak kamu minta, akan Aku berikan kepadamu (ayat 5), Salomo langsung memilih meminta hikmat daripada meminta hal-hal yang untuk kepentingan dirinya pribadi (ayat 9). Betapa arif dan tulusnya permintaan Salomo ini, bahkan Tuhanpun mengganggap itu hal yang baik (ayat 10). Tuhan sangat memuji sikap Salomo sehingga Tuhan mengatakan bahwa tidak ada seorangpun yang seperti Salomo ( ayat 12b). Dan dampak dari apa yang dilakukan oleh Salomo, Tuhan memberikan banyak hal yang tidak Salomo mintakan padaNya. Kekayaan maupun kemuliaan. Namun Tuhan menganugerahkan semuanya itu kepada Salomo. Bahkan Tuhan berjanji akan memberikan umur yang panjang baginya asalkan salomo tetap hidup sesuai dengan jalan yang Tuhan tunjukkan padanya.

Mari kita belajar seperti Salomo. Kita berdoa kepada Tuhan untuk memberi kita hikmat, memberikan kita hati yang mengasihi agar kita dapat mengasihi sesama kita. mau peduli dan mau turut mendoakan orang lain, bukan berdoa untuk diri kita masing-masing namun berdoa buat jiwa-jiwa lain yang butuh keselamatan, yang butuh pertolongan, yang butuh uluran tangan kita. Orang-orang yang membutuhkan perhatian, kasih dan doa dari kita. mari kita belajar untuk lebih peka dan lebih peduli pada mereka. Semakin banyak kita berbuat kasih, maka apa yang tidak kita mintakan kepada Allah, Dia yang maha tahu, Dia tahu kebutuhan kita dan Dia akan memenuhikannya bagi kita sebab Dia adalah Allah yang peduli dan Allah yang turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Tuhan memberkati

Sikap yang peduli adalah sikap yang sangat disukai Tuhan

(SAS)

0 komentar:

Posting Komentar

Setelah dibaca apa anda punya komentar untuk artikel diatas ?

Jika anda merasa terberkati dengan artikel diatas atau anda mengalami pengalaman peristiwa yang sama, sharingkan dan tinggalkan pesan, kesan atau komentar apa saja yang positif disini.

Semoga komentar anda dapat menjadi berkat bagi yang lainnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

Blog Archive